Senin, 03 Desember 2012

Permainan Bahasa SD


Permainan Bahasa di Sekolah Dasar
Permainan Bahasa adalah suatu permainan bahasa yang berfungsi melatih kecakapan bahasa anak, baik dalam aspek berbicara, membaca, menulis, dan menyimak. Permainan bahasa ini sangat bermanfaat apabila dipraktekan di Sekolah Dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya di kelas rendah. Tapi, permainan bahasa ini tidak harus selalu dipraktekan setiap hari, tetapi disesuaikan dengan materi dan tujuan yang akan dicapai. Nah, dibawah ini ada beberapa jenis permainan bahasa yang telah saya dan teman-teman saya lainnya  simulasikan di perkuliahan :
1. Permainan Gerak dan Nyanyikan.
    Permainan ini bertujuan untuk melatih kecakapan menyimak anak. pada permainan ini,guru membagi   kelas kedalam kelompok kecil, min. tiap kelompok 6 orang (permainan ini dilakukan ke depan secara bergilran tiap kelompok). lalu guru menyuruh kelompok pertama maju ke depan kelas dan baris berbanjar. Seluruh anggota balik badan kecuali anggota terdepan karena anggota terdepan akan diberi tahu kalimat yang berupa potongan lirik lagu untuk digerakan ke anggota ke dua dan dari anggota ke dua melakukan hal yang sama dengan memperagakan apa yang telah angggota pertama lakukan samapai kepada anggota terakhir. Dan anggota terakhir menebak lagu apa yang telah digerakan dan kemudian menyanyikannya.
2. Permainan Smart Card
    Permainan smart card ini adalah permaianan yang bertujuan melatih kecakapan, kekreatifan anak dalam menyusun sebuah kata menjadi kalimat yang benar. Dalam permainan ini guru bisa melibatkan seluruh siswa. misalnya guru membagi kelas ke dalam 5 kelompok masing-masing kelompok beranggotakan 6 orang. semua kelompok baris berbanjar. Dan guru telah menyediakan banyak kartu yang bertuliskan kata kata yang berbeda. tiap anggota kelompok  yang ada di depan mengambil satu kartu yang telah disediakan untuk dijadikan awal kalimat lalu ditempel di karton yang telah disediakan. lalu anggota ke dua sampai terakhir melakukan hal yang sama dengan mengambil kartu yang berisi kata untuk dijadikan sebuah kalimat yang benar dan sesuai.
3. Permainan Apa
    Permainan apa ini berfungsi melatih kekompakan, dan kecepatan berfikir. Permainan ini dilakukan dengan cara guru membagi kelas ke dalam dua kelompok. Ada kelompok A dan B. Lalu guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih 2 gambar koin yang akan dilempar. Kelompok yang menang menyakan pertanyaan "Sedang Apa" sambil dinyanyikan, dan kelompok yang kalah harus menjawab pertanyaan dari kelompok yang menang. dan kelompok yang menang menjawab lagi pertanyaan dari kelompok yang kalah dengan jawaban yang relevan. Permainan berakhir apabila satu kelompok sudah tidak bisa menjawab.
Contoh :
A: Sedang apa sedang apa sedang apa disana?
B: Disini sedang duduk, sedang duduk disini.
A: Duduk apa duduk apa duduk apa disana?
B: Disini duduk manis duduk manis disini
A: Manis apa manis apa manis apa disana?
B:.......dst.
4. Permainan Kertas Bergerak
    Pemainan ini bertujuan untuk melatih keakktifan dan pengetahuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang ada di kertas di dalam amplop. caranya siswa saling mengestapetkan amplop yang berisi pertanyaan tersebut sambil bernyanyi. ketika nyayian berhenti maka amplop pun ikut berhenti. dan siswa yang memegang amplop tersebut harus membukanya dan menajawab pertanyaan yang telah tersedia.
5. Permainan Batu Loncatan
    Permainan ini bertujuan untuk melatih kemampuan membaca siswa. Jika setiap kelas yang melakukan permainan ini adalah 10 orang, maka guru harus mempersiapkan kertas yang berisi kata kata untuk dijadikan bahan loncatan. guru menyimpan kertas kertas tersebut di lantai, dan anggota yang bermain membelakangi kertas kertas tersebut. Lalu anggota bernyanyi sambil mengelilingi kertas kertas tersebut dengan tetap membelakanginya. Ketika guru meneyebutkan salah satu kata maka anggota tersebut harus mencari kata yang disebutkan dan menginjak kata yang ada di kertas tersebut. Anggota yang berhasil menginjak kata tersebut, maka kata tersebut harus dijadikan sebuah kalimat. permainan ini terus dialakukan hingga ada sisa yang kalah. Yang kalah berarti tidak akan kebagian kertas yang berisi kata tersebut.

-----------------------------------  Semoga Bermanfaat-----------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar